Rabu, 04 Januari 2017

Mobil Penggerak Depan vs Penggerak Belakang



           Banyak konsumen bingung tentang mana yang lebih baik antara Mobil Penggerak Depan( FWD/Front Wheel Drive) dengan Mobil Penggerak Belakang (RWD/Rear Wheel Drive). Sebenarnya selain dua penggerak yang disebutkan diatas ada dua tipe penggerak lainya, jadi total ada empat jenis penggerak, diantaraya : 



1. 4 Wheel Drive(4WD)



       4wd adalah singkatan dari Four Wheel Drive. Perangkat ini membuat semua ban pada mobil mengeluarkan tenaga, walaupun ada beberapa merk mobil menetapkan pembagian antara ban depan dan belakang seperti (50%belakang-50%depan). Beberapa produsen mobil biasanya memberikan teknologi tambahan yaitu memungkinkan pengemudi dapat mengatur bagian ban yang mana yang mengeluarkan tenaga, seperti yang diaplikasikan pada Mitsubishi Strada, toyota Land Cruiser, DLL. Perangkat ini membuat mobil anda menjadi mudah dalam melewati jalan offroad yang berlumpur dan jalan-jalan licin namun kelemahan dari perangkat ini yaitu konsumsi BBMnya yang lumayan besar dan juga membuat bobot kendaraan menjadi berat. Biasanya peranti ini diaplikasikan pada kendaraan off-road atau SUV.

      Dalam sistem 4x4 ini terdapat tipe dan jenis yang berbeda, seperti :

  1. Part Time : Pengoperasianya dilakukan pada saat tertentu saja, sesuai dengan kondisi jalan.
  2. Otomatis  : 4WD bisa diaktifkan dengan tombol ( Semi Automatic) atau suatu sensor tertentu (Full Automatic).
  3. Full Time : Sistem 4WD akan selalu terpasang di semua kondisi jalan (permanen).
  4. Manual     : Untuk mengaktifkan 4WD manual ini dilakukan dengan cara mekanis, yaitu dengan menggerakan tuas tertentu yang sudah dibuat. Di bebrapa kendaraan bahkan perlu melakukan pemutaran as pada poros rodanya.
penjelasan lainya tentang 4WD bisa dilihat pada video berikut, 
    

"4 Wheel Drive - EXPLAINED" 


2. All-Wheel Drive (AWD)


          Awd adalah singkatan dari All Wheel Drive. Perangkat ini hampir sama dengan 4wd hanya saja perbedaannya yaitu kalau 4wd dapat di atur apakah ingin menggunakan 4×4 atau 4×2 yang ingin mengeluarkan tenaga tetapi kalau Awd tidak dapat di atur alias permanent. Biasanya yang memakai peranti ini yaitu sedan-sedan sport, gunanya yaitu agar mobil mendapat traksi yang sangat optimal, mengurangi efek slip saat berakselerasi, meningkatkan stabilitas berkendara saat melewati tikungan dalam kecepatan tinggi, dan tidak akan ada gejala under steer atau over steer seperti Rwd dan Fwd. Tetapi peranti ini memiliki kekurangan yaitu besarnya konsumsi BBM yang harus digunakan.
Penjelasan lainya tentang AWD ada pada video berikut,



"All Wheel Drive - EXPLAINED" 



               Itu adalah sedikit penjelasan mengenai 4WD dan AWD, namun pada kesempatan kali ini saya akan membandingkan antara FWD dan RWD karena di Indonesia untuk kelas MVP, terutama kelas low MPV( Multi Purpose Vehicle) mesin dibawah 1,5 liter, Lalu, jika dibandingkan manakah yang lebih baik untuk MPV ? FWD kah atau RWD ? mari kita simpulkan pendapat masing-masing dari penjelasan dibawah ini.
     

  • 1. FWD ( Front Wheel Drive)




  •      FWD (Front Wheel Drive) adalah Mobil yang menggunakan sistem penggerak depan, dimana kebanyakan mesin berada di depan yang menggerakan roda dengan poros as ke samping kanan kiri roda depan. Sistem ini sangat populer sejak tahun 1990 hingga sekarang,  lihat saja mobil terbaru jaman sekarang, kebanyakan menggunakan mesin dan penggerak roda depan. Banyak mobil-mobil yang memakai perangkat ini terutama pada mobil-mobil city car, hatchback, sedan, dan sedikit SUV (Sport Utility Vehicle). Kelebihan dari perangkat ini adalah tidak memakan banyak tempat, tidak banyak tenaga yang terbuang, menjadi satu paket antara mesin transmisi dan differential, konstruksi Fwd merupakan paling irit BBM dikelasnya, dan lebih mudah dikendalikan untuk jalan perkotaan. Namun bukan berarti FWD tidak memiliki kekurangan, kekurangan yang dimiliki dari sistem ini adalah pada saat melewati tanjakan terjal lebih mudah terjadi ban slip, tenaga kurang dibanding mobil dengan Rwd, bila di bawa kecepatan tinggi ditikungan akan membawa efek Understeer. Penjelasan lainya tentang FWD pada video berikut, 


                                             
    "Front Wheel Drive - EXPLAINED" 
    2. Rear Wheel Drive ( Sistem Penggerak Belakang)


                  Rwd merupakan singkatan dari Rear wheel drive, perangkat ini merupakan suatu sistem dimana tenaga mobil keluar melalui ban belakang atau letak gardan berada pada ban belakang mobil. Sistem ini populer atau banyak diadopsi pada mobil-mobil keluaran sekitar tahun 70-85an seperti sedan Toyota Trueno GT-S AE-86 yang populer saat diajak bermain film Initial D. Tetapi dewasa ini ada juga mobil-mobil yang memakai sistem Rwd pada mobil-mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) , SUV(Sport Utility Vehicle) dan sedikit sedan(Biasanya sedan sport). Kelebihan sistem ini adalah pada saat anda melewati jalan menanjak,licin, memiliki tenaga yang lebih besar dibanding Fwd dan biasa digunakan oleh para pembalap untuk melakukan slalom. Kekurangannya yaitu banyak tenaga yang terbuang karena jauhnya jarak dari mesin ke roda belakang sehingga membuat konsumsi BBM pasti lebih boros dibanding Fwd, juga memberi efek Oversteer (hal yang biasa dilakukan untuk mereka yang ingin melakukan drifting) dan terlalu memakan tempat untuk menaruh gardan. Penjelasan RWD lainya pada video berikut,

    "Rear Wheel Drive - EXPLAINED" 



    Jadi, berdasarkan penjelasan diatas kita bisa menarik kesimpulan dalam menentukan mobil dengan sistem penggerak apa yang paling digunakan berdasarkan lintasan atau geografis pada daerah/wilayah tempat kita tinggal, jika kalian tinggal di daerah pegunungan yang mana pastinya lebih banyak jalur-jalur seperti tanjakan akan mendominasi maka pilihan yang tepat adalah RWD(Rear Wheel Drive) namun sebaliknya jika kalian tinggal di daerah yang sedikit jalur tanjakan nya lebih baik memilih mobil dengan sistem penggerak depan.



    Sumber : 
    https://www.youtube.com
    https://mechanicalinsider.com/front-wheel-drive-vs-rear-wheel-drive/
    https://willycar.com/2008/01/31/rwdfwd4wd-dan-awd/








    1 komentar: